Kamis, 06 September 2012

CREATIVE

What do u think first when u heard this word ?
;)

"Creative" itu tidak jauh dari yang namanya design, membuat sesuatu yang unik, membuat something extraordinary, dan sebagainya. Intinya adalah membuat sesuatu yang baru.  Setuja? Yup. Tapi mau saya tambahkan sedikit. Menurut saya, "creative" itu tidak sekedar "making something new" tapi juga "making some alternative solutions for problem(s)". Kreatif itu bisa juga memecahkan masalah bukan? ;)

Setiap pekerjaan pasti membutuhkan daya pikir kreatif, bahkan pekerjaan-pekerjaan administratif juga membutuhkannya.  U don't believe me? Let's see. Anggaplah ada karyawan di perusahaan YX dengan nama si A sebagai admin. Si A sudah mendapat arahan, bahkan hanya sekedar isi data dengan format yang sudah ada. Lalu perlukah si A membutuhkan daya pikir kreatif? If he/she want to moves, then it a must. Dia perlu berfikir, bagaimana caranya supaya dia bisa mendapatkan posisi lebih tinggi (yang otomatis salary naik) daripada posisinya saat ini. Si A bisa saja berdiskusi dengan SPV-nya, "Pak/Bu, bolehkah saya membuat format baru supaya saya lebih mudah mengerjakannnya?" Kalau jawabannya "tidak" maka si A bisa do something more. Misalnya, dari sekian banyak data yang sudah dikerjakan, dia bisa membuat laporan sederhana tentangnya (walaupun tidak disuruh). Anggap saja dia mengerjakan data penjualan dan pembelian. Di saat senggang, dia bisa menghitung product yang paling banyak dijual minggu kedua, bagaimana penjualan product 1B dari minggu pertama sampai minggu keempat, product mana yang paling tidak laris selama 3 bulan terakhir, dsb. Jika sudah dikerjakan, print dan tempel di dekat meja kerja (jangan lupa diwarnai). Kalau SPV melihatnya, bisa saja si A lebih dipercaya untuk melakukan analisa data dan grade nya lebih tinggi. How knows? Tidak ada salahnya dicoba. ;)

Seorang ibu rumah tangga pun perlu berfikir kreatif. Tidak percaya? Coba lihat masakan di rumah. Ada berapa macam? Si ibu perlu kreatif dalam memasak. Bahkan mengatur lemari juga butuh kreatifitas. Menempatkan jenis pakaian di lemari tidak sembarangan lho. Misalnya baju rumah, daster diletakkan di tengah supaya mudah karena pasti diambil setiap hari. Tas-tas pun jangan ditumpuk, tetapi disusun seperti buku-buku di perpustakaan supaya tidak ada yang tertindih dan mudah diambil. Tumpukan paling bawah rentan rusak dan pasti jarang digunakan karena susah diambil dengan cepat. Kenapa rentan rusak? Karena tingkat kelembapan lebih tinggi, elastisitas lebih rendah, dan bentuk lebih tidak karuan dibandingkan tas paling atas.

Lihat kan perlunya kreatifitas? ;)

Is it easy to be creative? Bagi sebagian orang sih tidak, tapi bagi sebagian orang lainnya mengganggap sulit. Sulit karena persepsi mereka "kreatif" itu sekedar design dan sejenisnya. Setiap orang itu kreatif kok pada dasarnya. Karena kita sebagai manusia dilahirkan memiliki otak, rasa, cipta, karsa. Nah!

Tetapi sekarang "kreatif" itu bukan lagi kebutuhan utama. Justru pemikiran yang "out of the box" itu yang diperlukan sekarang. Kreatif yang (agak) old school atau monoton atau "stay in line" sudah banyak orang yang memilikinya. Tetapi pemikiran "out of the box" inilah pe-er kita semua (including me hehehe). Tapi sekarang saya tidak mau membahas tentang "Out of The Box" karena saya pun masih on process.

Ngomong-ngomong soal "kreatif" yang berhubungan dengan design, terkadang saya suka bikin design iseng yang menurut saya sih belum ada unsur "kreatif" nya. Empat design ini hanya dibuat menggunakan aplikasi Paint yang sudah pasti semua pengguna komputer/laptop punya. Karena laptop saya sudah pernah diinstal ulang, jadi program design seperti Adobe Photoshop sama Corel Draw sudah hilang :(










Dahulu sewaktu masih suka mengurus beberapa acara (after graduated), suka bikin design publikasi (fungsinya sih sebagai sarana tag foto di FB juga).





Nyambung teu antara pembahasan di atas sama gambar-gambarnya? Sepertinya tidak deh hehehe. Saya sih tidak ingin membahas tentang arti kreatif yang "membuat beberapa alternatif solusi untuk masalah" itu. Karena pasti setiap orang bisa ;)




Tidak ada komentar: